Hal-Hal Penghalang Traveling

Semua orang butuh traveling. Tapi nggak semua orang bisa dengan mudah traveling sesuai keinginan mereka. Beberapa hal sering menyebabkan rencana traveling gagal.

photo by Farih


Berdasarkan pengalaman, berikut ini adalah hal-hal yang sering jadi penyebab gagal traveling buat gue.

Waktu

Untuk traveling, jelas kita butuh waktu yang pas. Waktu dimana kita free dari kewajiban sekolah atau pun kerja. Waktu ini biasanya jadi penghalang gue untuk traveling. Gue sering nggak ada waktu yang cocok untuk sekedar jalan-jalan. Misalnya libur kuliah cuma sehari. Kan nanggung banget tuh mau traveling tapi cuma sehari, nggak nikmat. Atau, sudah membeli tiket dan segala macem, eh tiba-tiba ada urusan mendadak. Traveling pun akhirnya dicancel.

Uang

Nah ini. Untuk ukuran mahasiswa seperti gue, uang sering menjadi masalah utama. Ketika gue punya waktu luang dan keinginan untuk merefreshing pikiran, traveling sering dibatalkan karena masalah klasik ini. Budget gue nggak cukup. Kesel. Ini bisa sih diatasi dengan cara menabung jauh-jauh hari sebelum traveling. Atau memang dibiasakan menyimpan sebagian uang setiap hari untuk kebutuhan traveling meskipun belum tau kapan mau traveling dan dimana.

Partner

Untuk yang menyukai solo traveling, hal ini bukan masalah lagi. Tapi hal ini menjadi masalah besar untuk mereka yang nggak bisa kemana-mana sendirian, untuk mereka yang harus memiliki teman jalan-jalan. Kadang ketika semua sudah terencana dengan baik, traveling gagal gara-gara partner traveling nggak bisa berangkat. Padahal, menurut gue, traveling sendirian itu asik lho. Kita nggak dibatasi waktu. Bebas mau kemana dan berapa lama disana. Atau kalau gue masalahnya gini: janjian mau traveling ke suatu tempat bareng. Pas hari H teman gue nggak bisa dan mereka melarang gue untuk berangkat tanpa mereka. Alasannya, "katanya mau bareng-bareng? Jangan duluan dong! Tunggu kita!"

Tiga hal itu sih yang sering bikin traveling gue dicancel atau pending. Kalau kalian, gimana?

3 komentar:

Heriand.com mengatakan...

Waktu, uang, dan partner itu memang selalu jadi masalah tiap mau traveling.
Kalo saya, solusinya : yaudah jalan sendiri aja. :D

Unknown mengatakan...

Nah, ujung-ujungnya paling itu; jalan sendiri.

Unknown mengatakan...

menarik banget infonya. makasih kak


Open Trip Kawah Ijen

Posting Komentar